BENARKAH KOPI BAIK UNTUK PENDERITA ASMA?

 


Perihal manfaat kopi memang tak akan pernah selesai dibahas. Selain baik untuk menaikkan mood dalam menjalani hari, kopi juga terbukti baik untuk kesehatan.

DAN baru-baru ini ada sebuah jurnal yang mengatakan bahwa kafein pada kopi ternyata membawa manfaat bagi mereka yang menderita penyakit asma. Dalam sebuah penelitian dari The Cochrone Collaboration seperti yang kami kutip dari Hello Sehat diungkapkan bahwa kafein pada kopi mampu membuat saluran pernafasan lebih lancar kurang lebih 4 jam setelah dikonsumsi.

Penelitian ini melibatkan koresponden 75 orang penderita asma yang diminta untuk mengonsumsi kopi. Percobaan yang dilakukan sebanyak 6 kali dan ditemykan bahwa fungsi paru-paru bagi penderita asma ini meningkat setelah mengonsumsi kopi. Namun belum diketahui secara pasti dosis paling aman untuk penderita asma dalam mengonsumsi. Meski begitu tak ada salahnya penderita asma mencoba menikmati kopi hitam bebas gula yang sehat dalam jumlah kecil untuk merasakan juga efeknya. Namun harus diingat, kopi bukanlah obat utama untuk penderita asma. Jadi tetap harus didampingi dengan pengobatan lainnya.

Lalu kenapa kafein pada kopi bisa membantu fungsi kerja paru-paru? Kafein diketahi sebagai senyawa stimulan alami. Dan kafein ini biasanya ditemukan di kopi, teh, cokelat dan aneka minuman lainnya. Kafein juga dikenal sebagai senyawa yang memiliki efek farmakologis yaitu efek bronkodilator. Meski efeknya tidak terlalu kuat namun terbukti bisa membantu merilekskan otot pernapasan. Efek ini pula yang dihasilkan oleh obat teofilin yang merupakan jenis obat yang sering dikonsumsi para penderita asma.

Inilah yang menyebabkan kenapa kafein pada kopi bisa membantu meningkatkan fungsi  paru-paru, memperlancar pernapasan dan membuat penderita asma sedikit lebih terbantu. Jadi jika kamu penderita asma atau ada orang sekelilingmu yang menderita asma, mungkin sudah boleh mulai menikmati kopi dengan dosis tepat dan cara yang benar. Siapa tahu benar-benar merasakan efek baiknya. Bukan begitu?


Komentar

Popular Posts