5 CARA MELINDUNGI BISNIS KEDAI KOPI DARI JEBAKAN RESESI




Pemberitaan tentang situasi resesi hampir di semua media mengulasnya, kabarnya tahun 2023 diproyeksi akan masuk masa perekonomian akan sulit, bagaimana dengan industri penyajian kopi.

BEBERAPA pecinta kopi seperti sudah bersiap-siap untuk menyambut resesi, ada yang dari sekarang memutuskan untuk mengurangi pergi ke kedai kopi dan memutuskan untuk membiasakan diri minum kopi di rumah. Namun pun demikian, resesi tidak akan mempengaruhi para sultan untuk minum kopi di mana pun mereka mau, walaupun minat orang ke kedai kopi kabarnya akan turun sepertinya 2013 banyak sultan mulai turun gunung. Hal ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah, untuk masyarakat menengah ke atas diharapkan membelanjakan uang mereka agar perekonomian Indonesia berputar dan meringankan efek dari resesi untuk banyak orang.

Baru memulai bisnis kedai kopi di akhir tahun ini, malah mendapatkan pemberitaan tentang resesi yang mengancam, pastinya akan membuatmu kepikiran. Strategi bisnis seperti apa yang sebaiknya diterapkan, agar bisnis bisa bertahan dan harapannya bisa beradaptasi. Saya sadur dari entrepreneur.com, ada sebuah tips yang bisa dijadikan referensi dalam menentukan strategi bisnis selama resesi.

biskuit kopi

Ciptakan Variasi Dari Kopi Untuk Ditawarkan Ke Pelanggan

Jika selama ini kedai kopi yang kamu kelola hanya menawarkan variasi sajian minuman kopi, sudah saatnya mempertimbangkan untuk menjaring banyak pembeli dengan variasi produk lainnya. Masih sejenis, misalkan saja variasi olahan dari biji kopi itu sendiri, seperti coffee cookiescoffee muffin, dan lainnya.

Pahami Bagaimana Status Arus Kas Kedai Kopi

Sebelum memutuskan untuk mencoba strategi bisnis ini dan itu, cobalah pahami bagaimana status arus kas kedai kopi kamu. Suasana resesi ini nantinya menuntut kamu sebagai pengelola kedai kopi untuk ketat terhadap pengeluaran kedai kopi. Pertimbangkan usaha-usaha apa saja yang akan dilakukan dan bagaimana cara meminimalisir pengeluarannya atau cara memodifikasinya.

credit: freepik

Membangun Tim Dengan Semangat Baru

Di masa ekonomi sulit, memutuskan untuk mengurangi anggota tim yang berkerja untuk kedai kopi adalah solusi praktis. Namun hal ini bisa berakibat menurunkan semangat anggota tim lainnya, alih-alih membuat daftar nama dengan kinerja buruk bagaimana jika membuat tantangan untuk produktif. Kumpulkan tim dan ajak diskusi, rencana apa yang bisa dibuat untuk membantu operasional kedai kopi tetap berjalan.

Hadirkan Keterikatan Kedai Kopi dengan Pelanggan

Keterikatan kedai kopi dengan pelanggan tidak selamanya menawarkan gratisan atau memberikan potongan harga. Memberikan pengalaman menyeduh sendiri di kedai kopi juga salah satu ide sederhana membangun kedekatan ke pelanggan. Memberikan ruang khusus di kedai kopi untuk pelanggan mengekspresikan diri mereka juga salah satu ide untuk hadirkan keterikatan antara pelanggan dan kedai kopi.

Adaptasi Dengan Permintaan Pasar Walaupun Tidak Sesuai Idealisme Bisnis

Masih ingat bagaimana pandemik covid19 membuat segalanya berubah, dan memaksa banyak pebisnis kedai kopi untuk berpikir kreatif agar bisnis mereka tetap bertahan. Pizza Hut pun ciptakan varian pizza kecil dan turun ke jalan untuk menjangkau pembeli. Ketika pembatasan sudah mulai longgar, dan izin keramaian bersyarat diperbolehkan, banyak kedai kopi disulap menjadi venue untuk jamuan makan, pesta, anniversary dan lainnya. Pelajari arah resesi membawa arus permintaan seperti apa, dan beradaptasi.

Bagaimana menurut kamu tentang resesi 2023, akankah berpengaruh besar terhadap siklus industri penyajian kopi nantinya? Jika kamu punya saran untuk meminimalisir dampak negatif dari resesi, yuk berbagi di sini!

Komentar

Popular Posts