Proses Kreatif Menuju diri Sendiri

 



    Pernah tidak kalian pada suatu hari merasakan bahwa, ada sesuatu yang hilang dari diri kalian. Kalian merasa berada di titik kalau ini bukan diri gue yang gue kenal dulu, apa yah yang berubah? Semakin malam pertanyaan-pertanyaan itu mulai terdengar nyaring. Hal demikian juga mulai terdengar dikepala gue di akhir-akhir ini, gue merasa bukan diri gue yang dulu, berat badan gue mulai naik, gue beraktifitas sedikit mulai gampang capek, motivasi gue agak berkurang, dan tanpa sadar performa gue dalam bekerja juga ikut turun. Sering kali ini tidak terlihat oleh diri kita, karena berkurangnya performa ini tidak langsung sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit, tidak terasa, dan pada awalnya kita sama sekali tidak mempermasalahkan bahkan cenderung menganggap sepele dan tidak masalah untuk terjadi.

    Yang nyatanya, itu adalah sikap yang salah. Gue salah dalam bersikap begitu, dan mungkin itulah yang sekarang elu rasakan. Tapi tidak ada kata terlambat buat berubah dan secara perlahan juga mengembalikan performa terbaik kita.


    Gue mau bawa kalian ke satu buku yaitu the Secret, sebenernya pada tulisan blog kali ini gue akan bawa kalian ke beberapa buku yang bisa menjadi basic perubahan diri kalian dan diri gue secara pribadi, yang saat ini juga sedang gue terapkan. Kalau kalian yang memang menyukai dunia filsafat dan pengembangan diri, kalian tidak akan asing dengan buku ini. The Secret adalah buku yang menjelaskan dan memberipelajaran tentang Hukum Terbesar Alam Semesta yaitu Law Of Attraction, atau hukum tarik menarik. Yang secara sederhana menjelaskan bahwa diri kita adalah sebuah magnet yang besar, yang mana diri kita akan menarik apa yang paling sering kita pikirkan, dan paling sering kita inginkan. Secara tidak langsung pikiran-pikiran itu akan menarik hal-hal yang paling sering kalian pikirkan ke dalam kehidupan kalian dengan cara yang tidak terduga, dan sangat terstruktur. Itu Penjelasan sederhannya setelah gue mambaca buku ini berulang-ulang dan puluhan kali menonton filmnya.

    Point yang mau gue bawa dari buku ini adalah, sebuah perubahan baik atau buruk tentang diri kita adalah berasal dari dalam diri kita sendiri. Jika kita memang baik, berperilaku baik, attitude kita baik, maka hal baik juga akan tertarik pada kita. Namun jika kita punya pikiran yang buruk, kebiasaan yang buruk, sikap yang buruk, maka hal-hal buruk juga akan tertarik pada diri kita. Memang terdengar tidak menyenangkan, tapi itulah kenyataan yang diberikan oleh buku ini, dan banyak orang diseluruh dunia menceritakan kisahnya yang bisa kalian lihat di website The Secret.

    Kita harus benar-benar menyadari dan berani untuk mengakui bahwa baik turun dan naiknya kualitas hidup kita berawal dari kegiatan yang mulai menjadi kebiasaan kita setiap hari, dan tanpa sadar kita melakukannya setiap hari hingga tahunan. Itulah mengapa gue akan membawa kalian kesalah satu buku yang menurut gue bagus banget buat kalian baca, yaitu Atomic Habits karya James Clear. Jujur gue belum baca seluruh buku ini, dan baru setengah halaman lebih yang gue baca. Namun gue sudah menyadari apa yang kurang dari diri gue dan sambil berjalan menyelesaikan buku ini, gue juga perlahan memperbaiki kebiasaan gue. Gak perlu banyak sih perubahannya, cukup 1% setiap hari ada yang bikin kebiasaan kita jadi lebih itu worthit buat dilakuin, dan lama-lama akan jadi kebiasaan juga. 


Oke dibawah ini gue mau share beberapa point yang sedang gue lakuin dalam memperbaiki hidup gue secara pribadi yang mana gue ambil dari beberapa referensi buku dan orang yang sudah pernbah melakukannya :

1. Morning Pages



    Seperti sebutannya, Morning Pages ini adalah kegiatan yang biasanya dan seharusnya dilakukan setiap pagi sebelum kalian beraktivitas. Yang mana dalam aktivitas ini kalian diharuskan mengisi 3 lembar kertas dengan tulisan kalian, bebas apapun itu tulisannya, baik itu semua yang ada dipikiran kalian apa yang ingin kalian rencanakan pada hari ini, atau evaluasi tentang diri kalian, kekurangan kalian apa, atau mungkin kalian ingin minta maaf kepada seseorang pada kertas itu. BEBAS! Gue merasakan dampak yang lumayan dalam menyelesaikan kegiatan baru ini disetiap pagi, dimana pikiran gue terasa lebih enteng dan bisa berpikir lebih rasional dan terbuka atas semua peluang yang datang dan mungkin ada disekitar gue. So, kalian bisa mulai melakukan ini menjadi salah satu kebiasaan baru kalian. Bawa santai aja yah!

2. Bangun Pagi


   
Nah, masih soal urusan pagi, nih. Kegiatan diatas mungkin tidak bisa dilakukan kalau kalian sendiri tidak bisa bangun pagi. Dan tahu kah kalian bahwa rata-rata orang sukses didunia memulai kegiatan harinya dipagi hari. Kalau kita ingin sukses juga, sedikit-sedikit kita harus bisa meniru kebiasaan baik yang mereka miliki, karena tidak ada salahnya juga kan untuk meniru yang baik, kalau yang buruknya jangan. Gue pribadi punya masalah untuk urusan bangun pagi, hal ini karena bisa bilang kehidupan gue sudah berbalik, gue lebih fokus untuk mengerjakan hal seperti menulis dan rekaman podcast di malam hari sekitar jam 10-12 malam. Karena sudah minim suara dan ide-ide menarik banyak muncul saat malam hari. But, ini harus berubah. Pada suatu pagi di workshop gue ngomong hal masalah gue ini ke rekan kerja gue, dan mereka memberikan saran yang sebenernya sederhana, namun gue tidak terfikirkan.  
    "Pasang Alarm aja," Mereka bilang seperti itu. Lantas gue bilang kalau gue sudah pasang 3 alarm di device yang berbeda, tapi seperti gak mempan buat kuping gue. 

    Namun tidak sesederhana itu, maksud alarm mereka adalah, aplikasi alarm yang bisa kalian temukan di playstore yang mana alarm itu tidak akan pernah mati jika kalian tidak mengerjakan beberapa challenge yang sebelumnya kalian pilih ketika sedang set alarm tersebut. Gue pribadi milih untuk perhitungan matematika dengan tingkat sedang, sampai 5 soal. Karena gue harus punya kesadaran penuh buat ngerjain itu, jadi secara otomatis gue akan bangun dan tidak mood buat tidur lagi karena sudah keburu diberi masalah dipagi hari seperti soal matematika tadi. Tapi pada akhirnya itu berhasil membuat gue bangun dipagi hari selama 5 hari ini. Oh ya satu lagi, untuk ringtonenya sendiri gue mengubahnya menjadi sama seperti ringtone ketika ada panggilan masuk. Karena dalam keseharian gue akan refleks ambil hp untuk mengangkat panggilan, jadi gue mengansumsikan pikiran alam bawah sadar gue akan refleks untuk melihat hp walaupun sedang tidur.

3. Olahraga / Work Out

Gc


    Setelah meruntut apa penyebab dari kemunduran performa gue pribadi, salah satunya adalah karena gue mulai kurang berolahraga. Ya setiap orang punya alasan masing-masing kenapa sulit untuk menemukan waktu yang cocok untuk berolahraga. Sudah hampir sebulan ini gue memutuskan untuk pergi ke Gym untuk pertama kalinyua. Kenapa gue ke Gym? pertama karena gue ada teman yang kebetulan rutin kesana, jadi ada yang bisa ngajarin gue, walau pada akhirnya gue tahu disana ada pelatihnya juga buat ngajarin, jadi kalian tidak perlu takut tidak bisa. Lalu alasan lain adalah karena ituadalah tempat khusus untuk olahraga, untuk gue pribadi gue fokus pada penurunan berat badan dan angkat beban seperlunya saja. Setidaknya ada aktifitas fisik yang bisa gue lakukan selama 1-2 jam di tempat gym, yang biasa gue lakukan muali jam 4 sore.  Khusus pagi, gue cukup workout di sekitar rumah, dan jogging santuy keliling komplek dan pulangnya sarapan bubur di gang sebelum masuk komplek. Mantap.



Basicly untuk saat ini gue fokus kepada hal mendasar 3 point diatas sana, karena seperti yang udah gue singgung diawal tadi, gue mengharapkan perubahan dari dalam diri gue dulu. Seperti istilah didalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Anjay. Setelah dalam diri gue balik, gue mengharapkan hal-hal baik ikut tertarik ke dalam kehidupan gue seperti hukum LOA berjalan.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian. Ingat, perubahan kecil menuju lebih baik itu lebih baik dibanding tidak sama sekali. Jadi, selamat mencoba!









Komentar

Posting Komentar

Popular Posts